Trip Pertama – Semak Daun

Dalam hal travelling, saya baru mengenalnya di pertengahan tahun 2011. Tepatnya Sabtu – Minggu 2-3 Juli 2011. Ketika itu, saya diajak teman kantor untuk ikut acara kemping di Semak Daun, Pulau Seribu. Dan karena sejak SD, SMP, SMA saya memang sudah familiar dengan kemping (anak Pramuka) atau lebih tepatnya suka sekali, mata saya langsung berbinar-binar. Rasanya ada perasaan yang sangat kuat yang seolah memaksa saya untuk ikut. Karena ini adalah perjalanan pertama saya untuk backpackeran, tentu saja rasa was – was dan khawatir itu ada. Oleh karena itu, saya mengajak teman – teman kampus saya. Sedikit info untuk yang belum tahu, kalau kita ngetrip ala backpacker, semakin banyak pesertanya akan semakin murah biaya yang dikeluarkan karena sistemnya share cost, selain itu event tersebut dishare ke siapa aja sehingga yang ikut besar kemungkinannya adalah orang – orang yang belum kita kenal sebelumnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Setelah mendapat restu dari ortu dan didampingi 4 orang yang sudah dikenal sebelumnya, jadi juga saya ikut trip ke Semak Daun itu. Kami meeting point di Dermaga Muara Angke. Disana kami bertemu dengan rekan seperjalanan, saling berkenalan sambil menunggu rekan yang belum datang sampai berkumpul semua. DP biasanya dibayar diawal. Jadi pada saat bertemu, kita hanya perlu melunasi kekurangannya dari biaya yang telah ditentukan. Belanja perbekalan yang belum dipersiapkan. Kemudian ikut mengantri menunggu jatah kapal karena kebetulan pada saat itu kondisinya sangat ramai dan jumlah kami yang cukup banyak sedikit menyulitkan. Tetapi akhirnya kami bisa ikut rombongan yang lain.

Karena ikut rombongan peserta lain itulah kami sempat singgah di Pulau Onrust dan transit di Pulau Pramuka sebelum kami berganti kapal kecil untuk ke Pulau Semak Daun. Di Pulau Pramuka inilah kami singgah untuk makan siang dan mengambil pesanan fin dan snorkel yang sudah TL kami pesan beberapa hari sebelumnya. Kamipun berganti pakaian di Pulau itu, karena dari itinary yang dibuat TL, sesi selanjutnya adalah Snorkeling. Meski tengah hari dan cukup terik pada saat itu, tapi kami semua tetap bersemangat dan antusias.

Sekitar pukul 5 kami tiba di Semak Daun. Dari lokasi kami bersnorkeling, kami tidak naik ke kapal, tapi berpegangan pada tali kapal untuk ditarik. Ada perasaan ngeri sekaligus senang luar biasa, karena ini pengalaman pertama yang mendebarkan. Udah nekat plus gokil.

Selanjutnya, setibanya di Semak Daun itu kami berganti pakaian dan bersiap mendirikan tenda sebelum gelap. Karena disana cahaya sangat minim, kamipun membuat api unggun dan sebagian lagi menyiapkan makan malam. Malam itu kami saling bercerita dan berbagi keceriaan. Semakin malam, satu per satu dari kami mulai menyerah dan bersiap tidur ditenda masing – masing sesuai partner yang kita inginkan. Malam itu hujan, tetapi didalam tenda terasa sangat panas. Ada yang bisa tertidur, ada yang saling bercerita bahkan sampai pagi.

Keesokan harinya, yang wanitanya menyiapkan sarapan. Yang laki – lakinya bongkar tenda. Setelah sarapan, kami bersiap untuk bersnorkeling ria kembali.

Suatu pengalaman yang luar biasa. Karena ini adalah bersnorkeling pertama saya. Dan karena belum terbiasa menggunakan snorkelnya, saya beberapa kali minum air lautnya.

Sepuasnya bersnorkeling kami kembali ke Pulau Pramuka untuk mandi dan mengembalikan alat – alat pinjaman sambil menunggu kapal yang akan membawa kami ke Jakarta. Ya, meskipun sedikit lelah. Tapi dari sinilah saya terus dan terus ketagihan untuk ngetrip ala backpacker. Karena selain murmer, kita juga akan mendapat banyak teman baru.

Selamat mencoba!

11 pemikiran pada “Trip Pertama – Semak Daun

1. loh, cari partner…

Ada trip nginep di group. 290rb nenda, lupa ke pulau apa. Tertarik? Nanti diriku share itinary and detail biaya dari yang punya hajat. Bulan nov klo ga salah tgl 9.