Keselek

Barusan ceritanya saya dan 2 rekan kantor saya makan siang. Menu yang saya pilih adalah Toge Goreng, sedangkan 2 yang lainnya memilih menu Nasi Kuning ala masakan Makassar. Karena lebih banyak yang makan itu, akhirnya saya ikut makan bersama yang lain di tempat yang jual masakan Makassar itu.

Setelah saya terima Toge Goreng saya, saya buang sambal yang ada disendok, karena memang saya tidak terlalu suka pedes. Eh, tapi setelah saya buang, saya merasa sedikit menyesal karena saya ingin agak pedas. Yah.. terlanjur..

Dan saya lihat, didepan saya ada tempat sambal. Agak ragu sebenarnya, karena saya kan ga beli apa-apa disitu walaupun rekan saya beli. Tapi karena lagi pengen sambal, tetap saya ambil 1 sendok. Sambalnya ga terlalu pedas sebenarnya. Tapi entah kenapa saya jadi keselek dan tenggorokan saya sakit sekali. Sudah saya minumi beberapa kali, tetap saja sakit. Sampai akhirnya saya sadar, mungkin karena sambal yang saya makan itu tidak halal, karena saya tidak izin minta atau mungkin yang jual belum Ridho karena saya juga ga bilang itu tadi. Ya, intinya kalau ga beli, walaupun duduk disitu bukan berarti boleh ambil sembarangan.

Setelah itu, saya bilang sama mba yang jual: “Mba maaf, saya minta sambalnya ya!” Dan setelah dapat izin itu, sakit ditenggorokan saya hilang. Fiuhhh… pelajaran berharga hari ini.

Hikmah: Kadang kita sering merasa suatu hal itu sepele, apapun itu. Kalau belum minta izin, bukan berarti orang lain mengizinkan atau kita merasa berhak. Seperti sambal ini, mau dihargakan berapa sambal 1 sendok? Tapi ya itu, kalau tidak bilang minta ya artinya kita ambil tanpa izin. Dan jadi tidak halal apa yang kita makan. Inalillahi…

Alhamdulillah, Allah mengingatkan saya untuk hal ini. Semoga bisa jadi pelajaran untuk yang lain juga..

2 pemikiran pada “Keselek

Tinggalkan Balasan

