Ramadhan Ceria

Ramadhan selalu jadi hari – hari yang sibuk. Terutama disaat weekend. Ada banyak kegiatan yang ditawarkan. Entah itu program berbagi, kajian yang bagus – bagus, syuro, dan banyak lainnya yang dengannya berharap bahwa Ramadhan kali ini akan lebih berwarna, lebih barokah, lebih bernilai disisi Allah SWT. Semoga ini tidak menjadikan riya (Na’udzubillah..)

Pada hari – hari biasa di liburan sabtu – minggu, saya dan teman – teman sedikit sibuk mengajar anak – anak yang awalnya anak TPA untuk belajar pelajaran sekolah. Sebut saja Bimbel Mampang. Yup.. karena kami ada disana. Hehe… Program belajarnya Sabtu jam 13:00 – 16:00, hari Ahad jam 09:00 – 12:00 WIB dari kelas 1 sampai kelas 9, meski untuk yang kelas 9-nya tidak sampai 5 orang.

Nah, untuk Ramadhan ini kami membuat program edukatif yang juga fun untuk anak – anak seusia mereka yang kami beri nama Festival Ramadhan. Kami bagi dalam 2 waktu. Diminggu pertama Ramadhan, 14 Agustus 2013 lalu kami mengadakan acara Cerdas Cermat dan Lomba Mewarnai, dan untuk minggu keduanya 21 Agustus yang akan datang yaitu Rihlah Edukatif (ke Museum Gajah) dilanjutkan Buka Bersama di Panti Asuhan.

Alhamdulillah, untuk acara pertama berjalan lancar meski peserta yang datang tidak sebanyak yang kami perkirakan sebelumnya. Mungkin karena masalah publikasi yang terlalu mepet. Acara yang seharusnya mulai jam 8 pagi itu akhirnya harus molor sampai jam 9 karena adik – adiknya masih sedikit yang datang. Sepertinya karena faktor liburan dan puasa jadinya malas – malasan. Hehe… secara kakak – kakaknya juga ada yang terlambat😀

1
Foto sebelum acara

Sesuai konsep acara yang sudah disusun sebelumnya, adik – adik yang kelas 1 dan 2 mengikuti lomba mewarnai, kelas 3, 4, dan 5 lomba cerdas cermat yang sebelumnya harus mengikuti babak penyisihan, dan kelas 6 – 9nya awalnya akan ada story telling, tapi karena yang hadir cuma 3 orang, akhirnya dapat soal untuk penentuan juara 1, 2 dan 3nya.

Babak penyisihan berlangsung hidmat, karena semua khusyu mengerjakan soal yang diberikan. Jam 10 selesai tidak selesai, soal harus dikembalian dan saatnya penilaian untuk menentukan siapa yang berhak untuk ikut cerdas cermat. Maka dipilihlah dari masing – masing kelas dengan nilai terbaik dalam 3 kelompok. Dan, mereka harus siap berkompetisi. Yeaayy…😀

Cerdas cermat berlangsung seru, terutama saat babak rebutan dan babak bonus. Yang tidak kalah seru adalah pada saat pada akhir lomba, 2 regu terjadi kesamaan nilai, jadi diberikan soal tambahan. Deg degan banget dong, secara kalau salah nilai dikurangi… Lalu.. teng teng regu A juara 1, regu B juara 2, regu C juara 3.

Ini nih jagoan - jagoannya
Ini nih jagoan – jagoannya
Pembagian hadiah cerdas cermat
Pembagian hadiah cerdas cermat

Selain itu, ada doorprize untuk games – games, tantangan Hafalan, dan pembagian bingkisan sekolah untuk semua yang sudah berpartisipasi. Lihat, betapa lebarnya senyum mereka! Ceria banget kan?😀

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Narsis setelah acara
Narsis setelah acara
Kakak - kakaknya ^_^
Kakak – kakaknya ^_^

Yup.. itulah salah satu aktivitas Ramadhan saya kali ini. Ada yang mau bantu jadi donatur untuk acara kedua? Wah… saya akan senang sekali, terutama adik – adiknya. Hehe…

Tulisan ini diikut sertakan dalam First Giveaway: Momen Ramadhan mba Endah🙂

24 pemikiran pada “Ramadhan Ceria

  1. selalu suka sama anaaak kecil :*
    teteh, itu di foto kakak2nya kayanya ada yang gak asiing deh, itu yang kedua dari kiri siapa namanya? kak isma bukan? hehe *sotoy*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s