Khayla Rindu Larasati

Assalamu’alaikum wrwb…

Alhamdulillah telah lahir normal putri kami yang pertama tanggal 14 Juli 2014, lahir dengan berat 3,450 kg dan tinggi 49 cm jam 9:10 wib, yang kami beri nama Khayla Rindu Larasati yang kami harap akan tumbuh menjadi gadis cantik dan lurus/bersih hati yang selalu dirindukan karena kebaikan-kebaikan yang ada padanya.

Baby born :-)
Baby born🙂

Proses perubahan inilah yang membuat saya lama tak menulis disini. Masih belajar mengurus dede🙂 .

Sedikit yang saya ingin ceritakan adalah proses kelahirannya. Jadi tanggal 10 Juli adalah prediksi tanggal kelahirannya, yang artinya janin berusia 40 minggu. Di tanggal 9 Juli, saya kontrol mingguan seperti biasa. Pada pemeriksaan itu kondisi janin oke, berat sekitar 2,9 kg, air ketuban masih banyak. Tapi saran dokter, kalau sampai minggu depan masih belum lahir pilihannya induksi.

Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya saya, suami, juga Mama yang sudah nemenin dari awal cuti (tgl 23 Juni), dan konsul ke dokter, memutuskan untuk mempercepat tindakan induksinya. Kami memutuskan hari Sabtu biar Masnya juga bisa ikut nemenin.

Tanggal 12 Juli, jam 9 kami sudah di Rumah sakit, setelah pemeriksaan lalu dilakukan induksi pertama jam 11. Karena dari awal memang belum ada pembukaan sama sekali, saya baru merasakan mules ringan itu jam 4an. Jam 5 dicek masih belum ada pembukaan juga, baru setelah jam 9an mulai pembukaan 1. Karena perkembangannya lama, lalu ditambah lagi dosis induksinya. Malam itu saya masih bisa tidur lumayan lama, karena mulesnya belum terlalu kuat. Esok paginya seperti hari sebelumnya dilakukan pemeriksaan tensi, detak jantung bayi, CTG, juga cek pembukaan. Masih pembukaan 1 dan baru pembukaan 2 sore harinya. Hmm.. Ya lama. Agak khawatir nantinya harus Caesar karena baca group atau curhatan bunda-bunda yang pernah diinduksi sebagian besar berakhir ceasar, bukan karena masalah medis tapi karena banyak yang tidak kuat menahan sakitnya. Malam itu saya sudah mulai merasakan mules yang cukup kuat setiap 5 menit sekali, saya hampir ga bisa tidur.

Senin paginya, pembukaannya nambah jadi pembukaan 3. Lalu saya disuruh mandi dan sarapan lebih cepat karena akan beralih ke induksi via infus, sekitar jam setengah 8an. Tapi entah kenapa lambung kurang bersahabat sehingga saya muntah. Karena induksi via infus sudah bekerja, saya sudah ga bisa kemana-mana, bahkan makan pun disuapi Mama waktu itu..

Tidak lama setelah makan bubur (pengganti makanan yang saya muntahi) saya merasakan mules yang semakin kuat dan semakin sering. Saat itu saya masih ditungguin Mama. Ketika saya sudah pembukaan 5, saya minta Mama untuk panggil Masnya… Setelah itu saya didampingi Masnya dan Mama.

Dari pembukaan 5 itu saya mulai tidak bisa nahan neden, badan gemetar, keringat keluar, bahkan saya sempet histeris… Mama, Masnya, juga bidan memandu saya untuk tarik buang nafas. Tapi rasa dedenya minta dikeluarin makin kuat. Kata bidannya jangan neden dulu sampai pembukaannya lengkap karena bisa membuat robekan yang besar… Sungguh rasanya luar biasa..

Ga lama pembukaan pun lengkap, dokter datang lalu mulailah proses persalinan. Karena hanya 1 orang yang boleh nemenin, jadinya mas yang ikut membantu memegangi dan menyemangati saya. Alhamdulillah lahir tidak terlalu lama meskipun dede lahir terlentang yang kata dokter seharusnya sulit.. Proses yang menakjubkan..

Proses yang paling mengharukan dan membahagiakan adalah ketika melihat dede pertama kalinya untuk IMD. Ah.. Bayi mungil itulah yang ada dalam perut saya selama ini. Tidak terbayang sebelumnya bagaimana wajahnya, tangan kakinya, badannya.. Begitu kecil tapi begitu besar arti kehidupannya…

Semoga ummi dan abi bisa mendidikmu dengan baik ya Nak… Menjadi anak sholehah, pintar, berguna bagi orang tua, agama, dan bangsa. Aamiin…

Kami yang berbahagia :-)
Kami yang berbahagia🙂

40 pemikiran pada “Khayla Rindu Larasati

      1. Ammah itu bibi sodaranya bapake

        Biasanya org manggil
        Ammi paman sodara bapak, ammah bibinya
        Kholi paman sodara emak, kholah bibinya

        Klo ncing itu adek org tua laki atw perenpuan sama
        Nah ncang kakak org tua laki atw perempuan juga sama

      1. sama-sama🙂.. boleh bingit buat ddnya apa sih yang nggak.. sini kita belajar huwa huma hum ;p
        daerah mana depoknya? mau ih, tapi sekarang kuliah lg padet, nanti insyaAllah akuh mampir deh, kan belum jenguk dd juga..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s