Hamil, apa yang terjadi?

Masa kehamilan memang sudah berlalu, tapi saya ingin menulisnya untuk mengingatkan saya, juga siapa tahu bisa bermanfaat untuk yang lain. Pengalaman yang luar biasa, senang, sedih, semuanya ada.

hamil
Hamil 5 Bulanan kalau nda salah

Pas Nengok Emak dikampung
Pas Nengok Emak dikampung

Berikut adalah hal-hal yang terjadi pada saya pada saat hamil:

  1. Mual bahkan muntah (mabok) kalau mencium aroma bakso, nasi goreng, mie dan soto yang baunya menyengat. Bau bawang putihnya ya? Makanya selama hamil saya sering kesal karena yang jual makanan itu banyak sekali dipinggir-pinggir jalan. Ya paling tutup hidung dan sebisa mungkin menghindari jalan yang ada penjual makanan tersebut. Bahkan sampai hamil besar juga masih tetap mual dan sering muntah.
  2. Lemes, sering pusing dan ngantukan. Nah ini sering banget apalagi kalau habis muntah. Bawaannya males banget ngantor. Dan jadi sering tidur dikantor. Hehehe.. Kalau kata orang sih bawaan orang hamil begitu. Apa iya?
  3. Tidak suka bawang goreng dan makanan berkuah yang terlalu berkaldu. Kalau dulu makanan apa aja ada bawang gorengnya suka, tapi selama hamil, dihindari sekali karena memicu mual. Untuk yang berkaldu itu pernah lagi pengen banget makan sop Iga, tapi baru icip-icip sedikit udah langsung enek, makan rawon juga gitu.. Apa bukan kaldunya tapi penyedapnya ya?
  4. Tumbuh tumor jinak di gusi atas bagian luar. Nah, ini kayaknya pengaruh hormon. Saya sampai ke dokter dan dibedah mulut. Kenapa sampai harus dioperasi kecil? Soalnya daging yang tumbuh itu terus tumbuh memanjang, bahkan hampir mau nutupin gigi. Karena saya nakal, biasanya sebelum kelihatan kalau pas senyum saya suka cabut sendiri. Dibedah ga mempan saudara-saudara… tetap tumbuh dan memanjang. Jadi daripada tiap bulan bedah mulut, saya putus sendiri. Dan ini baru berhenti 1 bulan setelah melahirkan. Ada yang mengalami hal yang sama seperti saya? Kalau ada yang tanya apa ga sakit diputus paksa begitu? Ya jelas sakit dan berdarah, tapi masih bisa ditahan… Soalnya ga nyaman banget ada benda asing gelayutan dimulut seperti waktu itu. Hehehe..
  5. Yang ini udah sempat curhat ditulisan ini. Sedikit-sedikit nangis, sedih, berasa kurang diperhatiin, kadang merasa dimarahin. Ah.. banyak banget air mata dulu. Padahal kurang sayang apa misua, apa-apa diperhatiin, cuma 1 yang ga boleh, ga boleheun ngetrip. Wkakaka… sampai-sampai pernah mikir mau ditinggal masnya. Banyak ketakutan-ketakutan yang ga jelas. Apalagi pas hamil itu masnya sering dinas luar, sedih banget rasanya apalagi orang tua jauh dan mabok pula sayanya. Lalu sempat tercetus pengen pulang kampung ketemu mamah dan taraaaaaaaa… besok paginya masnya langsung usahain pulang. Hahahaha… jahat dah tidak pengertian sekali ya jadi istri… Kalau diinget sekarang kebangetan kamu Mira… Untungnya setelah trisemester pertama lewat, hal ini ga terlalu sering terjadi seperti sebelum-sebelumnya. Maafkan istrimu ya mas…
  6. Sempat kaki bengkak dan sering kram. Kalau ga salah dikehamilan 5 bulan saya mulai kram, lagi enak-enak tidur tiba-tiba kram. Kalau hasil browsing kayaknya hampir semua bumil mengalami ini. Alhamdulillah punya suami yang pengertian, mau mijitin istrinya. Sering malah😀. Terima kasih cinta… Lalu untuk yang kasus kaki bengkak, Alhamdulillah ga sampai parah karena ketahuan penyebabnya, sering lipet kaki kalau duduk. Temen kantor yang kasih tahu kalau duduk diluruskan sekalian jangan dilipet, biar lancar aliran darahnya . Setelah nurut sama teman, bengkaknya berangsur-angsur hilang. Oya, buat yang suka kram, langsung diberdiriin juga lumayan ampuh tuh biar cepat sembuh kramnya.
  7. Berat badan saya naik 15 Kg pada saat hamil dan langsung berkurang 10 Kg setelah melahirkan. Alhamdulillah sekarang sudah kembali ke berat sebelum hamil, meskipun sebenarnya saya pengen timbangan saya turun lagi🙂
  8. Ga boleh banget telat makan berat sekalipun sudah banyak ngemil. Saya bisa muntah-muntah kalau ini terjadi. Mana dikantor bawaannya males banget keluar beli makan. Soalnya jalannya lumayan dan panas kalau siang hari.
di RS menunggu kontraksi
di RS menunggu kontraksi

Masa-masa yang luar biasa. Semoga yang belum hamil disegerakan diberi amanah oleh Allah untuk memiliki anak. Dan semoga saya bisa mendidik Khayla dengan baik dan ia bisa menjadi anak sholehah pencinta Al-Qur’an yang sesuai harapan kami… Aamiin…

23 pemikiran pada “Hamil, apa yang terjadi?

  1. pas istri hamil, saya mengalah dengan tak menonton film.
    menekan ego, saat istri hamil dan tak mau diajak nonton film maka saya harus mengalah.
    selalu kagum sama kesabaran seorang (calon) ibu…

    1. Mulai sering jalan mas, terus jangan ditekuk/dilipet kakinya, kalau perlu malah kakinya disangga kalau tidur biar lebih tinggi, biar ga bengkak..
      Mira Alhamdulillah cuma bengkak sedikit udah gitu sembuh…

      Nah, makanya mira bilang, mba Minyu dikit banget naiknya… Sering bermasalah dengan makanan ya selama hamil?

      1. seminggu yang lalu jalan di ITC😀

        3 bulan pertama aja mual dan muntah. selanjutnya nggak masaah. cuma memang makannya nggak banyak porsinya dan susah kalau mau ditanyain makan apa. sering nolaknya

      2. Gpp kalau kondisinya sehat dan perkembangan bayinya bagus juga…

        Memang bawaannya males makan, dulu mira gitu. Tapi jadinya malah asam lambung naik dan mual muntah kalau telat. Jadi dipaksa makan. Cari yang memang lagi pengen. hehe…

    1. Terima kasih kembali.
      Yang sabar-sabar aja ngadepin ibu hamil dan beberapa bulan awal setelah melahirkan. Wanita jadi sangat jauh lebih sensitif dan sangat butuh kasih sayang dan perhatian…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s