Persiapan MPASI Khayla

Bismillahirrahmanirrahim..

Semoga tidak bosan membaca cerita Khayla😀.

Alhamdulillah Khayla sudah mau 6 bulan, tepatnya tanggal 14 besok. Berarti saatnya MPASI! Horeee!!! Well, ternyata banyak sekali persiapan yang harus saya lakukan, mulai dari baca-baca buku dan browsing menu-menu awal MPASI, perlengkapan dapur untuk MPASInya, perlengkapan makan, minumnya, dan juga membuat Jadwalnya. Wow, ternyata ga cukup 1 minggu!! Jadi berasa emak-emak rempong. hehe…

Dari hasil berselancar ke berbagai blog, saya rangkum beberapa persiapan yang saya lakukan:

1. Perlengkapan dan peralatan perang

  • Feeding set (Piring, gelas, sendok dan garpu) ini biasanya 1 paket.
  • Botol dari Magmag Pige*n yang komplit.
  • Food Maker (saringan, parutan, perasan jeruk, sama mangkok untuk menghaluskan) ini biasanya juga 1 paket – alhamdulillah ini kemarin dapat dari kado, jadi ga perlu beli lagi.
  • Grinder atau belender tangan, ini saya latah ikut-ikutan beli. Padahal harganya lumayan. Semoga memang perlu😀.
  • Food container, katanya untuk simpan makanan di kulkas. Saya baru punya 4 buah, masih harus nambah lagi sepertinya.
  • Talenan + pisau. Sebaiknya yang baru biar ga kecampur. Terlebih karena talenan saya sebelumnya dari kayu, nah itu kan kalau agak lama ga terpakai sering berjamur, jadi diputuskan beli yang dari plastik.
  • Box sedang ini saya pakai sebagai pengganti dish dryer yang harganya ratusan, ini untuk simpan semua perlengkapan makannya Khayla.
  • Slaber/celemek, ini sudah saya beli dari sebelum melahirkan😀.
  • Kursi makan/high chair. Ini berdasarkan yang saya baca harus dilatih sedini mungkin untuk makan sambil duduk, bukan sambil jalan-jalan. Terlebih karena agama juga mengharuskan makan sambil duduk, akhirnya diputuskan untuk beli (setelah sebelumnya mau sewa saja).
  • Blander, alhamdulillah dapat dari kado.
  • Panci kukusan –> belum beli
  • Ice cube tray dengan tutup, untuk simpan kaldu beku –> belum beli
  • Mangkok untuk jalan –> belum beli
  • squirt (botol sendok untuk jus) –> belum beli
  • Lunch Jar –> belum beli

2. Jadwal, ternyata tidak mudah menentukan jadwal. Dari buku yang saya beli di 6-7 bulan yang diberikan ke bayi adalah pure buah dan sayur. Hasil browsing, selain pure ada juga yang kasih serelia. Nah, saya ambil tengahnya saja, saya gabung pure buah – sayur dan bubur dari tepung gas*l. Berikut jadwalnya.

Sebenarnya dianjurkan untuk menggunakan metode 4 hari 1 jenis makanan, tapi berasanya kok bakal lama ya untuk 1 menu saja? Jadi saya kurangi jadi 3 hari. Semoga Khayla tidak ada alergi makanan apapun.

Ada sedikit cerita kurang menyenangkan. Jadi kemarin saya ke dokter untuk imunisasi Khayla. Kebetulan bukan dokter rutinnya Khayla karena dokter yang biasa sudah habis jam prakteknya. Dokternya tanya sudah dikasih makan belum, saya bilang belum. Nah, dokternya menyarankan saya untuk kasih makanan instan. Jleb, langsung ilfil sama dokternya. Katanya sih biar kandungan gizinya pas dan tidak repot. Ah, bukankah yang lebih sehat itu yang buatan sendiri dan untuk yang terbaik buat anak siapa yang tidak bersedia repot?

Semoga MPASI Khayla lancar, anak senang umminya juga senang…🙂

jadwal MPASI

8 pemikiran pada “Persiapan MPASI Khayla

    1. Iya… banyak mas, saya juga ga kira sebanyak itu…
      Jadwal menunya buat sendiri dari contek sana sini. Berdasarkan buku yang saya baca juga seperti itu. Perkenalan MPASI nda langsung banyak. Dan aturan 1 menu 4 hari penting untuk tau anak alergi jenis makanan tertentu atau tidak.
      Rencana mulai 7 bulan baru 3x makan. Jadwal makan bisa mengikuti jadwal kita. Kalau biasa makan malam, ya anak dapat jadwal malam juga gpp. Cuma mira lihat kalau Khayla malam aktifitasnya sedikit, habis Isya sudah tidur kalau sekarang, jadi mending sore aja makannya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s