Lulus S2

Assalamu’alaikum….

Alhamdulillah sekarang Khayla sudah lebih dari 1 tahun usianya. Alhamdulillah juga dalam 1 tahun ini saya bisa memberikan ASI tanpa tambahan susu lain untuknya, kecuali untuk makan campuran seperti kue, es krim, dll. Bersyukur punya suami yang terus support dan rekan kantor yang baik-baik (ga ada yang protes saya kalau saya mompa lama).

Khayla Lulus S2
Khayla Lulus S2

Godaan justru hadir setelah 1 tahunnya Khayla pada saya. Semangat untuk mompa semakin berkurang. Awalnya dari 3 kali mompa saat anak masih usia 6 bulanan, berkurang menjadi hanya 2 kali, pagi dan sore hari saja. Nah, lewat 1 tahun jadi cuma 1 kali disore hari saja. Berkurangkah ASIPnya? YUP!!! Berkurang karena saya juga hanya mompa dikantor, sedangkan dirumah sudah tidak pernah sekalipun kecuali kalau ga sempat mompa dikantor. Alhasil, dalam 1 hari saya hanya bisa bawa pulang 2,5 botol (isi 100 ml) – 3 botol. Dari yang biasanya 5-6 botol/hari. Sedih? Hmm.. sedih, tapi ya salah sendiri gimana… Faktor M itu berat banget. Apalagi memang jumlah rekan kantor perempuan (yang 1 divisi) itu minimal sekali, dan yang sama-sama menyusui saat ini GA ADA!!! Sudah berguguran diusia anaknya yang 5 bulan, 7 bulan. Tinggal saya saja yang mompa sendiri dikantor. Jadi ya… gitu deh. hehe…

Nah, akhirnya selama 2 minggu terakhir, untuk memotivasi diri saya akhirnya bergabung diruang anak (ada ruangan khusus mompanya juga yang gabung dengan ibu-ibu lain) – agak lumayan jauh. Sebelumnya saya kalau mompa digudang, dapur, atau bahkan dimeja kerja. Hehe… Berharapnya sih, setelah beberapa waktu bisa menambah semangat mompa yang awalnya cuma 1 kali, siapa tahu bisa jadi 2 kali. Tapi sampai 2 minggu ini masih belum berubah😀

khayla 3 bln      khayla 3 bulan

Stok terakhir yang saya hitung di freezer masih ada 30 botol yang konsumsi perharinya 2 botol (ini saya paksakan sebisa mungkin 2 botol saja) biar bisa cukup. Biar ga kejar tayang juga (hari ini pompa untuk diminum besoknya). Harapannya bisa sampai 2 tahun. Semoga terwujud. Aamiin… SEMANGAT juga ya yang lagi berjuang NgASI!!!

4 pemikiran pada “Lulus S2

Tinggalkan Balasan

