Perlengkapan Mendaki Si Kecil

Berdasarkan cerita saya sebelumnya yang ke Andong sama Khayla, saya berjanji untuk menuliskan ini. Dan inilah perlengkapan lenongnya Khayla. Saya bagi 2 ya, sandang dan pangan. Hehe…

Rindu

Untuk sandang apa aja sih yang saya bawa:

  1. Gendongan. Nah ini dilema banget. Pakai gendongan apa yang nyaman untuk naik gunung. Sebenarnya dirumah ada beberapa gendongan yang saya dapat dari kado waktu baru lahiran dulu. Tapi ya gendongan standar alias ga terlalu nyaman apalagi untuk jarak jauh dan lama. Untuk beli baby carrier duh itu mahal banget, pengen sih tapi kalau ada opsi lain ya yang lain aja. Hehe… Jadi akhirnya beli deh gendongan E*go KW yang harganya cuma 220 ribu dibanding baby carrier yang hampir 3 jutaan. Dan itu menurut saya udah nyaman banget, Khayla tiap nemplok bisa langsung bobo, dan nyusul nya juga gampang, bisa gendong depan, belakang, dan samping juga. Makanya pas selama ke Andong les pules di gendongan. Haha… Tapi jelas ya gendongan ini sempertinya hanya bisa untuk anak dibawah 3 tahun kalau mau ibu dan anaknya nyaman. Kalau sudah lebih besar dari itu harus baby carrier atau suruh jalan sendiri. Hahaha
  2. Jaket. Ini udah punya beberapa. Niatnya bawa 2, 1 yang tebal, 1 yang tipis untuk diperjalanan. Berhubung berangkatnya agak rempong, ketinggalanlah itu jaket yang tipis T_T
  3. Selimut. Saya bawa kain bedongnya 1 buah untuk selimutin kalau kurang anget. Dan ini jadi pengganti jaket tipisnya yang ketinggalan. Hehe
  4. Baju lengan panjang. Saya sudah agak lupa ini bawa berapa, kalau ga salah si 3 buah dengan 1 yang dipakai saat berangkat.
  5. Baju lengan pendek plus beberapa singlet. Ini sih cadangan aja ya, biar ga terlalu gerah juga dijalannya.
  6. Celana panjang. Nah ini jelas banget. 1 malah yang ekstra tebal model celana trainning. Beruntung nemu seminggu terakhir dengan harga yang murah walaupun pinggangnya agak kegedean, yang penting fungsinya ya. Kalau ada sih niatnya beli celana yang tutup kaki. Tapi untuk anak 1 tahun udah susah banget, jadi ya ga bawa. Celana ini lumayan banyak saya bawa. 5 buah.
  7. Kaos kaki 3 buah.
  8. Sepatu sport 1 dan sepatu karet 1. Sepatu karet ini biar gampang dilepas pasangnya karena anaknya kan udah bisa jalan jadi suka minta naik turun.
  9. Jilbab. Ini perlengkapan yang wajib dibawa buat Khayla kalau pergi-pergi. Biar terbiasa sejak kecil. Ini saya bawa 3.
  10. Kacamata. Ini untuk menghindari debu dan biar ga silau.
  11. Bantal kecil. Ini juga wajib klo dari Abinya. Biar tidurnya nyaman. Pergi dekat aja bawa, apalagi yang jauh. Hehe..
  12. Popok celana yang banyak.
  13. Anduk. Ini join sama Abi Umminya.
  14. Waslap 2 buah. Persiapan kalau ga mandi dan cuma di lap.
  15. Baju hangat. Kemarin ini cari baju langsungan susah banget adanya model kostum gitu dan beli online, yang ngeselin dari J*Enya terlambat ngantar padahal sudah ditelepon untuk biar cepet diantar, ditungguin sampai jam 5 sore ga diantar juga. Jadilah tidak terbawa baju hangatnya.
  16. Topi kupluk. Ini untuk kepalanya biar ga dingin.
  17. Syal. Ini biar lehernya ga dingin. Hehe..
  18. Tutup telinga. Ya fungsinya sama semua ya, intinya biar ga dingin. Sayang ini kemarin ketinggalan jadi Khayla ga pakai deh.
  19. Jas Hujan/Payung. Sempat nyari online jas hujan untuk anak 1 tahun. Adanya untuk anak 2 tahun ke atas. Ga jadi beli, jadi cuma bawa payung aja.
  20. Kipas. Kalau anaknya biasa di AC dan dapet kondisi panas, biasanya agak rewel. Jadi harus siap sedia kipas tangan biar agak adem.
  21. Mainannya biar anteng.

Udah, kayaknya itu kalau untuk perlengkapannya. Banyak ya? Kebayangkan kalau digabung perlengkapan saya dan suami? Hehe… Saya aja ga tega lihat suami bawanya tas keril kami. Sampe terbungkuk-bungkuk😀

Oya, itu baru pakaian. Selanjutnya perlengkapan makannya. Karena Khayla sudah 1 tahun, jadi sudah makan seperti biasa, saya tidak terlalu repot bawa makannya. Pas di stasiun, saya makan soto, Khayla juga makan itu (baca: nasi + kuahnya saja), pas di basecamp saya makan sop, Khayla juga. Khayla memang lebih mudah makan kalau makanannya berkuah dan karena giginya belum sempurna, dia biasanya menolak makanan yang agak keras, jadi saya agak kurangi sayurannya kalau ga benar-benar lunak, daripada dikeluarin lagi. Selebihnya saya bawa macam-macam buah seperti pisang, jeruk, dan apel. Untuk makanan selama di tenda sih saya bawa yang instan seperti bubur bayi dan biskuit bayi, jadi masaknya juga ga terlalu repot (sesekali ga apa-apa kan ya pakai yang instan. Hehe). Bawa beras dan telor juga sih, tapi ga di masak karena ada warung jadi ya jajan aja diwarung. Hehe…

Perintilan kecil-kecilnya ya piring dan sendok makannya, saya kemarin masukin ke wadah-wadah kecil gitu biar ga berantakan sekaligus bisa jadi tempat makannya dia. Botol minumnya atau botol dan dotnya yang diisi air putih. Kalau saya pakai Aqu* yang sport itu karena Khayla seneng minum pakai botol itu.

Hmm… sepertinya itu saja perlengkapannya Khayla untuk ke Andong kemarin. Oya, jangan lupa bawa obat-obatan yang sekiranya diperlukan, seperti kompres instan, baby cream, sunblock baby kalau ada, obat nyamuk, minyak telon, obat merah/betad*ne, obat panas, h*ndsaplast, sabun mandinya, dll. Semoga bermanfaat!

Salam MR dan Jr :)
Salam MR dan Jr🙂

22 pemikiran pada “Perlengkapan Mendaki Si Kecil

  1. waaaaaaak! suka suka! makasih sharingnya.😀 pengen banget nanti kalo aku udah punya anak, suamiku mendukung bawa bayi ke gunung, tentu dengan perlengkapan oke. Sering-sering bikin tulisan begini ya Bu, hehe. Bermanfaat bangeeeet.

    Rencananya, Khayla mau diajak ke gunung mana lagi Bu?🙂

    1. Terima kasih mba… Hehe… belum tau. Kemarin mau ke pulau air yang di pulau seribu ga jadi karena ada kondangan. Dalam waktu dekat kayaknya ga kegunung dulu, selain karena kemarau yang rawan kebakaran hutan, juga gersang dan debu banyaknya luar biasa. Ga akan lari gunung dikejar. Hehe…
      Insya Allah nanti kalau travellingan di share perlengkapan lenongnya… Terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s