Aliran Rasa Tantangan 10 Hari – Cerdas Finansial

Bismillahirrahmanirrahiim..

Jaman SMA dulu saya suka sekali pelajaran tata buku, semacam akutansi seperti itu, membuat laporan pembukuan. Tapi karena saat lanjutannya saya masuk IPA, saya ga belajar lagi.

Lalu saat kuliah, karena uang bulanan terbatas, dan ga tega juga sama orang tua untuk minta tambahan di pertengahan atau akhir bulan, jadilah saya harus pandai-pandai berhemat dan mengatur pengeluaran. Dari mulai masak sendiri, jalan kaki ke kampus, rajin mencatat dan lain sebagainya.

Lalu semenjak ada tambahan pemasukan dari beasiswa, gaji sebagai asistan lab dan pengajar les, pembukuan pengeluaran mulai berantakan dan ga sehemat dulu. Jadilah benar, punya uang berapapun itu ‘cukup’ untuk memenuhi gaya hidup. Hiks..

Apalagi setelah lulus dan punya gaji sendiri, tabungan adalah pos sisa. Bukan pos prioritas yang seharusnya diutamakan selain pos kewajiban zakat, hutang (jika ada) dan pos orang tua.

Maka saat materi cerdas finansial ini diberikan, membuat saya flashback ke masa lalu saya yang cukup rapi, sekarang benar-benar harus di perbaiki.

Lalu mengenalkan konsep simpan, berbagi dan membelanjakan sesuai kebutuhan kepada anak-anak, cukup membuat saya berfikir bagaimana caranya? Karena saya sendiri saja masih berantakan dalam mengelola keuangan.

Meskipun begitu, alhamdulillah teteh terutama cukup mengerti dan bisa bersabar untuk mengelola keinginannya, juga belajar menabung.

Semoga kedepan bisa lebih baik lagi. Aamiin.

#AliranRasa
#Tantangan10Hari
#Level8
#KuliahBunsayIIP
#CerdasFinansial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s