Kelinci

Bismillahirrahmanirrahiim..

Alhamdulillah melanjutkan tantangan level 10 bunsay IIP dengan tugas kali ini adalah membangun karakter anak dengan dongeng.

Tantangan yang menantang karena saya tidak terbiasa mendongeng dan dulu waktu kecilpun seingat saya jarang didongengi.

Kemarin, saat diskusi tantangan ada dongeng yang menginspirasi saya yaitu tentang kelinci bulan. Saya sedikit modif disesuaikan kondisi tadi.

Jadi, selepas salat Isya, kami sekeluarga pergi untuk berbelanja. Di mobil, Raffa mulai bertingkah dan mengajak teteh Khayla untuk bermain. Teteh yang agak mengantuk tidak terlalu menanggapi. Raffa lalu menendang-nendang tetehnya, sampai teteh hampir menangis walau sebenarnya tidak terlalu keras. Setelah berhasil dipisahkan, berceritalah saya tentang si kelinci.

Ceritanya ada kakak beradik yang tinggal dekat hutan yang seringkali bertengkar. Si adik suka main perang-perangan, juga suka menyakiti binatang yang ia temui di hutan meski sang ibu sudah mengingatkannya.

Suatu hari, kakak adik pergi ke hutan, diperjalanan bertengkar lalu mereka berpisah. Tak lama, si adik melihat kelinci. Ia kejar dan ia pukuli hingga ia puas lalu ia tinggal pulang.

Tiba dirumah ia bertanya pada ibunya dimana kakaknya, ibunya balik bertanya karena mereka pergi bersama. Lalu adik pergi mencari sang kakak dan mendapati kelinci sekarat yang tadi dipukulinya berbicara kalau dia itu kakaknya. Si adik kaget dan menyesal, sayangnya si kelinci keburu mati.

Lalu saya ceritakan ibrohnya bahwa tidak boleh saling menyakiti sesama saudara termasuk kepada binatang, dan harus nurut/taat kepada orang tua.

Respon Raffa, sepertinya kurang menangkap maksud cerita. Jadi dia meneng wae. Hehe..

Respon teteh: “ummi aku ga mau cerita itu, ga seru. Cerita ngaji mi atau yang lain, yang lucu.” Ini saya tebak karena si kakak dicerita berakhir tragis. Jadi saya revisi, bahwa si kelinci tidak mati, si adik merawatnya hingga sembuh dan si kakak kembali menjadi manusia. Adik menyesal dan tidak akan mengulanginya lagi.

Teteh Khayla pun happy karena dongeng berakhir baik.

#HariKe1
#GrabYourImagination
#KuliahBunsayIIP
#Level10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
#Tantangan10hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s