Bukber Pertama

Sebenarnya belum bisa dikatakan buka bersama karena yang hadir tidak terlalu ramai. Sekitar 7 laki-laki, 2 perempuan dan beberapa anak-anak. Karena niat awalnya adalah buka bersama satu kelas. Qodarullah sedang banyak yang sakit, jadi banyak yang tidak bisa hadir.

Agenda ini adalah salah satu agenda sekolah untuk menghidupkan suasana Ramadhan di sekolah. Setiap harinya, dimulai dari Ramadhan hari ke 4, per 2 kelas bergiliran dianjurkan untuk berbuka puasa, tarawih dan tadarus. Alhamdulillah di lantai 3 ada mushola. Meski masih dalam proses renovasi, tetapi sudah bisa digunakan.

Mengapa saya bilang belum bisa dikatakan buka bersama? Karena yang hadir sangat sedikit. Karena setiap harinya dibagi per 2 kelas yang terdiri dari 11-12 santri. Seharusnya ada sekitar 20 keluarga, tapi yang datang semalam hanya 2 keluarga dan beberapa Ustadz.

Saat ini, adalah jadwal kelasnya Raffa, kelas 2A. Meski sedikit yang datang, anak-anak tetap senang sibuk bermain. Raffa bahkan makan sambil sibuk mainan robot angka yang ia bawa dari rumah.

Saya dan suami yang terjebak macet saat pulang kerja, datang terlambat. Kami bahkan terpaksa harus buka di jalan. Lalu sekalian mampir beli makanan untuk berbuka puasa. Jadi saat tiba di sekolah, yang lain sedang jamaah shalat magrib. Kami masbuk lalu ikut makan besar sama-sama.

Setelah selesai berbuka dan ngobrol dengan para orang tua dan Ustadz-ustadz yang hadir, kami semua naik ke lantai 3. Dan peserta tarawih juga bertambah. Mungkin ada sekitar 20 orang. Mereka tidak ikut berbuka, hanya ikut tarawih dan tilawahnya saja.

Kami tarawih 8 rakaat dengan 3 witir.

Suasana tarawih cukup khidmat, selain karena ada anak-anak yang bolak balik termasuk Hanna. Agak khawatir juga sebenarnya karena kondisi tempatnya yang di lantai 3 dan akses ke tangga mudah sekali. Tapi alhamdulillah masih dalam kontrol. Ada beberapa anak juga malah main bola di lapangan bawah.

Sepertinya anak-anak ini yang main bola dibawah karena sudah selesai sholat tarawih duluan. MasyaAllah.. semoga kelak jadi pemimpin-pemimpin Sholih. Aamiin ya Rabbal’alamiin..

Selanjutnya adalah tilawah. Masing-masing dibagi 2 halaman karena targetnya adalah tilawah 2 juz setiap malamnya. Menyesuaikan dengan peserta yang hadir. Alhamdulillah karena keroyokan jadi 2 juz bisa selesai cepat. Tiap malam begini, bisa 3 kali hatam ya dalam sebulan. Hehe..

Alhamdulillah.. InsyaAllah Selasa depan adalah giliran kelasnya teteh Rindu. Semoga pesertanya lebih banyak lagi yang bisa hadir biar lebih seru. Barakallahu fik..

Tinggalkan komentar